Lifestyle

Tambah Cerdas, Ini Dia 8 Kegiatan Kreatif untuk Anak TK

Tambah Cerdas, Ini Dia 8 Kegiatan Kreatif untuk Anak TK

Anak TK atau usia pra sekolah cenderung penasaran dan ingin tahu terhadap suatu hal. Oleh karena itu menyalurkan rasa penasaran dan ingin tahunya dalam suatu permainan tentu akan dapat membantu peningkatan daya kreatifitasnya. Ada banyak sekali kegiatan kreatif untuk anak TK yang bisa dilakukan agar mereka lebih semangat dan tidak lesu menjadi hari-harinya.

Ragam Pilihan Kegiatan untuk Anak TK

Anak TK yang cenderung aktif dan gemar berimajinasi, tentu harus diarahkan ke ragam kegiatan yang menarik, menyenangkan, dan tentunya mengedukasi. Sebagai referensinya, ini dia beberapa ragam kegiatan yang bisa dilakukan untuk anak TK

1. Menggambar Karakter Atau Pemandangan

Anak usia TK cenderung memiliki imajinasi tinggi yang harus disalurkan. Untuk membantu menyalurkan ide kreatifnya maka menggambar menjadi salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan.

Anda bisa memberikan buku gambar dan pensil warna, lalu ajak mereka duduk di halaman sekitar. Biarkan imajinasi mereka berselancar untuk menggambar hal-hal yang mereka sukai seperti pemandangan alam atau karakter orang.

2. Mewarnai Gambar

Selain menggambar, mewarnai juga menjadi salah satu kegiatan kreatif yang sangat disukai anak-anak. Jika bosan dengan pensil warna, Anda bisa memberikannya jenis pewarna lain seperti crayon, spidol, bahkan cat air.

3. Membuat Kue Bersama

Seringkali orangtua merasa jengkel jika anak-anak datang ke dapur dan merusak bahan-bahan kue yang akan dibuat. Namun jangan marahi anak Anda. Sebaliknya coba ajarkan anak untuk belajar membuat kue yang mereka sukai mulai dari mencampur adonan, mengaduknya, mencetak adonan, hingga memanggangnya.

4. Melipat Origami

Seni melipat kertas dari jepang kini menjadi populer di seluruh dunia termasuk Indonesia. Pilihan kertas warna-warni yang dapat dilipat menjadi beragam bentuk unik dan lucu tentu sangat menarik bagi anak TK.

Coba sediakan pilihan kertas origami warna warni dan ajarkan beberapa bentuk sederhana seperti kapal, burung, dan pesawat terbang. Anak-anak TK tentu akan sangat tertarik mencobanya

5. Membuat Kartu Ucapan Menarik

Anda bisa mengajari anak-anak TK belajar menulis dan menghias kartu ucapan. Kartu ucapan bisa dibuat untuk ayah, ibu, atau ibu guru mereka. Selain mengajari anak rasa terimakasih, membuat kartu ucapan yang manis dan menarik tentu bisa melatih imajinasi dan kreativitas mereka.

6. Membuat Tempat Pensil dari Bahan Bekas

Alat tulis anak-anak biasanya dibeli langsung dari toko alat tulis. Kali ini mengapa tidak mengajari anak untuk membuat tempat pensilnya sendiri dari barang bekas. Anda bisa menggunakan botol, kardus dan benda-benda lain.

Ajari anak langkah sederhana dan biarkan mereka bereksperimen menghias tempat pensil sesuai dengan selera yang disukai.

7. Membuat Hiasan Pintu dari Kain Flanel

Membuat hiasan pintu dari pintu sangat mudah dilakukan oleh anak-anak TK. Anda cukup mengajari mereka menggambar ragam bentuk sederhana seperti bintang, daun, bunga, dan lain-lain.

Ajari juga teknik menggunting, mengelem, dan merangkai pola-pola terbentuk sehingga dapat membentuk hiasan yang indah.

8. Membuat Gelang dari Manik-Manik

Manik-manik memiliki bentuk yang sangat unik dan menarik sehingga sangat cocok dirangkai menjadi sebuah gelang. Anda bisa mengajari anak merangkai manik-manik dengan benang.

Melakukan kegiatan kreatif untuk anak TK tentu bisa meningkatkan kemampuan motorik dan kognitif anak. Selain mengajak anak melakukan permainan edukatif, Anda juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan PediaSure. Mengandung 12 vitamin, 8 mineral, dan 3 protein yang mendukung perkembangan anak, PediaSure saat ini sudah tersedia di toko-toko terdekat.