Parenting

Ini 6 Jenis Tekstur Makanan MPASI untuk Bayi

Ini 6 Jenis Tekstur Makanan MPASI untuk Bayi

Memasuki usia 6 bulan, bayi mulai belajar untuk mengonsumsi makanan padat. Tahap ini tentu tidak mudah bagi bayi dan orang tua wajib mendampingi dengan cara yang tepat. Salah satu caranya adalah dengan menyajikan makanan yang bergizi seimbang dan teksturnya tepat sesuai usia. Penting bagi orang tua untuk memahami tahapan tekstur MPASI agar si kecil bisa mencerna makanannya dengan lancar.

Tekstur MPASI

Penting untuk dipahami bahwa tekstur makanan bayi itu berbeda-beda dan tidak semuanya berupa bubur halus. Tekstur makanan bayi harus dibedakan sesuai dengan tahapan usia. Berikut ini adalah 6 jenis tekstur MPASI yang bisa diberikan kepada bayi sesuai dengan usia dan keterampilannya dalam mencerna makanan:

1. Puree

Pertama ada puree yang merupakan bubur halus. Ini merupakan tekstur makanan pada tahap pertama MPASI. Tekstur makanan dibuat sangat halus hingga bisa langsung ditelan oleh bayi tanpa tersedak. Namun puree tidak boleh dibuat terlalu cair dan kental, harus pas agar mudah ditelan sekaligus bisa mengenyangkan.

2. Mashed Food

Selanjutnya ada mashed food dimana tekstur makanan ini naik tingkat dari puree. Teksturnya halus namun ada sedikit kasar karena makanan hanya dilumatkan tidak dihaluskan. Tekstur ini bisa mulai diberikan saat usia bayi memasuki 7 bulan dan sudah mahir makan puree.

3. Minced Food

Setelah mashed food ada minced food atau makanan cincang. Jika sebelumnya makanan bayi dilumatkan maka kali ini hanya dicincang atau dipotong kasar. Ukurannya juga masih kecil-kecil namun jauh lebih kasar daripada mashed food. Tekstur makanan ini bisa diberikan saat bayi usia 8 sampai 9 bulan.

4. Chopped Food

Ketika bayi mulai akrab dan mahir makan minced food maka bisa dinaikkan lagi teksturnya ke chopped food. Tahapan tekstur MPASI yang satu ini sudah cukup kasar karena makanan hanya dipotong biasa. Chopped food bisa jadi pilihan jika si kecil masuk usia 10 sampai 11 bulan dan memang sudah mahir menelan makanan kasar.

5. Finger Food

Setelah lulus tekstur chopped food maka si kecil bisa mulai mengonsumsi finger food. Finger food ini merupakan makanan yang dipotong cukup besar dan bisa digenggam oleh tangan si kecil agar ia bisa makan sendiri. Banyak jenis makanan yang bisa disajikan dalam bentuk finger food mulai dari sayur sampai aneka daging.

6. Makanan Keluarga

Memasuki usia 12 bulan, anak seharusnya sudah mulai makan makanan keluarga. Makanan keluarga ini sama seperti makanan yang dimakan oleh orang tuanya. Tidak ada proses penghalusan atau pelumatan dalam penyajian makanan ini.

Itulah tadi 5 jenis tekstur makanan bayi yang bisa diberikan secara bertahap sesuai usia. Tahapan tekstur MPASI ini penting untuk dipahami agar anak bisa belajar mengonsumsi makanan padat secara bertahap. Pastikan selalu mendampingi anak saat makan agar bisa memantau perkembangan keterampilan makan yang ia miliki.