mengajak anak berkreasi memasak merupakan salah satu cara agar anak suka makan sayur

7 Cara Agar Anak Suka Makan Sayur

Keluarga

Sayur merupakan salah satu bahan makanan yang kaya vitamin, mineral, hingga serat yang baik bagi perkembangan anak. Namun, tak jarang kita menemukan anak-anak yang tidak suka, bahkan benci makan sayur. Lalu bagaimana cara agar anak suka makan sayur? Simak beberapa tipsnya di bawah ini.

Cara Ampuh agar Anak Suka Makan Sayuran

Menghadapi si kecil yang selalu menyisihkan sayuran dari piringnya memang susah-susah gampang. Salah langkah sedikit saja, anak-anak justru semakin membenci sayuran. Oleh karena itu, beberapa tips di bawah ini perlu anda lakukan supaya anak sedikit demi sedikit mau makan sayur.

1. Ajak Anak untuk Memilih dan Mengolah Sayur

Melibatkan anak untuk memilih sayur ketika berbelanja di supermarket atau pasar adalah cara lain yang akan membuatnya lebih tertarik dan semangat. Ketika memilih sayur sebagai salah satu sumber makanan untuk mencapai gizi seimbang, pastikan anak-anak memilih sayur yang bersih, sehat, dan segar.

Selain itu, berikan kesempatan kepada mereka untuk ikut mengolah dan memasak sayuran. Anak akan lebih mengenal sayuran ketika anda mengajaknya berdiskusi tentang makanan yang cocok dicampur dengan sayur. Setelah itu, biarkan mereka berkreasi sendiri.

Membiarkan anak berkreasi menata makanan sejak dini, terbukti sangat baik pengaruhnya dalam mengembangkan daya imajianasi sekaligus koordinasi otak dan otot, khususnya ke gerak motorik halus.

2. Berikan Contoh kepada Anak

Keinginan yang kuat agar anak suka makan sayur tidak akan cukup tanpa diimbangi dengan teladan dari orang tua. Anda adalah peniru yang baik. Mereka meniru banyak hal di sekelilingnya termasuk cara dan apa yang dimakan orang tua.

Ketika menyantap sayuran, menunjukkan ekspresi bahagia dan lahap akan membuat anak penasaran dengan apa yang anda makan. Tentunya ini adalah awal yang baik untuk mereka.

Saat melihat orang tuanya senang, maka anak akan menjadi semakin bersemangat ketika makan sayur. Lebih baik lagi ketika orang tua ikut menikmati sayur yang sama dengan yang dimakan oleh anak.

Satu hal yang perlu dihindari adalah orang tua memakan makanan lain yang berbeda dengan yang dimakan si anak. Biasanya, anak akan protes dan bisa jadi mogok makan dan cenderung ngambek (mencari masalah).

3. Ajak Temannya untuk Makan Bersama

Cara agar anak suka makan sayur satu ini cukup efektif dan berhasil jika diterapkan. Seringkali anak-anak ingin melakukan hal yang sama seperti teman-teman sebayanya. Manfaatkan ini dengan mengundang teman-teman di kecil yang suka sayuran untuk makan bersama.

Ketika anak bersama dengan teman-temannya, maka anak akan menjadi lebih bersemangat dalam mengkonsumsi sayur, lho.

4. Mencampur Sayur dengan Makanan Favoritnya

Ada banyak cara mengola sayur agar tidak terlihat “ekstrim” di mata anak-anak. Salah satu caranya yaitu mencampurnya dengan makanan favorit di anak.

Jika perlu, potong sayuran tersebut menjadi potongan kecil-kecil untuk menyamarkan keberadaannya. Kemudian buatlah variasi resep dan rasa agar anak tidak bosan.

5. Makan Sayur sambil Bermain

Tidak sedikit orang tua yang menggunakan cara agar anak suka makan sayur yang terlalu ekstrim, misalnya dengan memaksa. Padahal cara ini justru akan membuat mereka takut dan semakin menjauhi sayur-mayur.

Bagaimana jika mengajak si kecil bermain bersama sambil menyantap sayuran? Hal ini tentu akan membuat kegiatan wajib makan sayur menjadi lebih berkesan dan menyenangkan.

6. Sajikan dalam Bentuk dan Warna yang Menarik

Siapa bilang wortel dan buncis hanya bisa diolah menjadi sop dan tumis? Kedua sayuran ini bisa diolah menjadi makanan yang lebih menarik dan disukai anak-anak.

Salah satu contoh yang bisa dilakukan adalah mencampur sayur yang sudah dihaluskan ke dalam adonan nugget. Jika anak anda menyukai nugget, cara ini akan sangat efektif untuk dilakukan.

7. Jangan Terburu-buru dan Lakukan Terus-menerus

Jika hari ini makanan sayuran anak tidak habis, tidak perlu menyalahkan dan memaksa anak untuk menghabiskan. Orang tua harus terus berupaya setiap hari agar anak mulai mencintai sayuran.

Menyukai sayuran memang tidak bisa dipaksa dan terburu-buru karena pada awalnya anak tidak menyukai sayuran karena belum terbiasa. Cara agar anak suka makan sayur di atas harus diimbangi dengan niat yang kuat dan kesabaran penuh dari orang tua.

parawanita

Kak Min yang sedang belajar menulis blog parawanita. Suka dengan info terkini, meski lebih sering berhenti di pikiran.

https://parawanita.com/

1 thought on “7 Cara Agar Anak Suka Makan Sayur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *