Parenting

5 Cara agar Anak Cepat Bicara, Anda Wajib Coba!

5 Cara agar Anak Cepat Bicara, Anda Wajib Coba!

Cara agar anak cepat bicara memang tidak mudah, tapi tak sulit juga jika Anda mau sedikit berusaha demi anak Anda. Setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda, Anda tidak perlu khawatir sesuatu sedang terjadi pada anak Anda. Walaupun anak memiliki tumbuh kembang sendiri, berikut ini rangsangan yang dapat membantu anak agar cepat bicara.

1. Selalu Ajak Anak Bercerita

Tidak perlu menunggu usia yang cukup jika Anda ingin bercerita pada anak Anda, karena penelitian membuktikan bahwa anak yang sering diajak bercerita dengan orang tuanya memiliki kemampuan bicara yang baik, itu semua diakibatkan karena mereka menyerap kata-kata yang keluar dari cerita Anda.

Ceritakanlah sesuatu setiap harinya atau ajarkan kosa kata, agar anak mengingat dan pada akhirnya bisa mengikuti apa yang Anda bicarakan. Kuncinya adalah konsisten, Anda harus bisa rutin mengajarkan hal ini pada anak Anda.

2. Hindari Menatap Layar TV dan Gadget Terlalu Lama

Menatap layar TV dan gadget terlalu lama akan membuat anak pasif dan hanya berdiam diri saja. Layar TV dan gadget berfokus pada tampilan visual, sehingga tanpa membaca pun anak paham apa yang sedang ia tonton. Hal ini cukup berdampak buruk pada anak, mereka hanya fokus melihat tanpa mau mengucapkan ulang.

Untuk menghindari TV dan gadget, Anda bisa mengajak anak Anda untuk bermain atau bahkan belajar bernyanyi bersama, hal itu akan merangsang anak untuk mau berbicara walaupun harus pelan dan konsisten.

3. Memberikan Nutrisi yang Cukup

Golden age seorang anak adalah ketika umurnya belum menginjak 2 tahun, di usia ini, Anda sebagai orang tua harus memastikan bahwa nutrisi yang diberikan pada anak Anda sudah cukup. Nutrisi sangat penting bagi anak, bahkan ini bisa berdampak pada kemampuannya berbicara, konsultasikan pada dokter apa yang masih harus ditambahkan untuk nutrisi anak Anda.

4. Membacakan Dongeng

Selain bercerita, membacakan dongeng untuk anak juga dapat membantu merangsang anak untuk bicara, ajaklah anak untuk seakan akan membaca bersama, berikanlah padanya buku dongeng yang terdapat gambar visual di dalamnya untuk menghindari rasa bosan pada anak. Jadi, ketika anak sibuk melihat gambar, Anda bisa membaca dongengnya dan secara tak langsung Anda sedang melatih anak Anda untuk mengingat kosa kata yang diucapkan.

5. Ajak bernyanyi

Bernyanyi dipercaya memiliki manfaat meningkatkan keterampilan komunikasi anak. Melalui  sebuah lagu, anak bisa belajar merangkai kata menjadi satu dengan diiringi nada. Selain itu, Anak juga biasanya bisa mengekspresikan suasana hatinya melalui bernyanyi.

Anak akan lebih menangkap lagu yang Anda nyanyikan ketika Anda menggabungkannya dengan gerakan. Anak akan lebih mudah meniru setiap kosa kata dan gerakan yang Anda contohkan sebelumnya.

Itulah 5 cara agar anak cepat bicara untuk Anda, Anda bisa langsung mempraktikannya pada anak. Semoga Artikel ini bisa memberikan manfaat untuk Anda  dan membantu Anda agar sang buah hati bisa cepat bicara.